Kamis, 24 Desember 2009

Pengetahuan Manfaat Fungsional Produk Handphone Merk Blackberry Bagi Konsumen

PENDAHULUAN

Dalam era teknologi yang semakin canggih dan modern, berbagai kebutuhan dalam hidup manusia pun menjadi lebih mudah dan praktis.terutama dalam hal berkomunikasi jarak jauh dengan hadirnya alat komunikasi berupa Handphone.Pada awalnya alat komunikasi sangat sederhana yaitu hanya dalam bentuk surat,lalu berkembang dengan adanya telepon.Namun di zman sekarang ini alat komunikasi sudah berkenbang dengan pesatnya yaitu dengan adanya Mesin Faximile,E-mail,dan yang nlebih praktis lagi yaitu Handphone (HP).

saat ini teknologi Handphone mulai bergeser ke era yang lebih maju. BlackBarry...
Seperti
awal hadirnya GSM, teknologi yang menggusur AMPS dan Radio Pager awalnya sulit di gapai karena harganya mahal. kini hampir seluruh masyarakat di indonesia sudah memiliki Handphone dan sudah jadi kebutuhan. Kini teknologi mulai menggabungkan seluruhnya kedalam sebuah perangkat yang lebih trend dibanding PDA. .Keberadaan handphone dalam kehidupan manusia saat ini sudah tidak asing lagi, karena mereka pun menyadari betapa penting nya fungsi handphone itu sendiri karena dapat mempermudah segala aktivitasnya sehari-hari.Cepatnya perkembangan teknologi menuntut kita untuk selalu dinamis. Jika tidak sigap, bisa dipastikan kita akan tertinggal jauh. Salah satu teknologi yang sedang heboh saat ini yaitu smartphone Blackberry.

Saat ini banyak dari para konsumen ingin memiliki Handphone Blackberry namun tidak semua konsumen mengetahui secara pasti kelebihan atau manfaat sebenarnya dari Handphone Blackberry dibandingkan dengan merk handphone yang lain.

PEMBAHASAN

1.ARTI PENGETAHUAN KONSUMEN

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai berbagai macam produk,serta pengetahuan lainnya yang terkait dan segala informasi yang berguna sehubungan dengan fungsinya dan juga akan mempengaruhi keputusan konsumen sebelum melakukan pembelian atas produk tersebut.Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi tiga yaitu :

1. Pengetahuan mengenai produk

2. Pengetahuan Pembelian

3. Pengetahuan Pemakaian

Namun dalam tulisan ilmiah kali ini penulis hanya ingin mendalami mengenai Pengetahuan Manfaat Fungsional dari sebuah produk yang kiranya lebih penting bagi konsumen untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian HP Merk Blackberry.

2.PENGETAHUAN MENGENAI PRODUK

Pengetahuan Produk adalah kumpulan informasi mengenai produk.Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merk, terminologi produk, atribut,harga produk, dan kepercayaan mengenai produk.

2.1. JENIS PENGETAHUAN PRODUK

Terdapat tiga jenis pengetahuan produk,yaitu pengetahuan mengenai atribut produk, pengetahuan mengenai manfaat produk, pengetahuan mengenai kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen.

2.1.1.Pengetahuan mengenai atribut produk

Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyebutkan atribut dari suatu produk.Hal ini disebabkan dari pengetahuan yang dimilikinya.Pengetahuan mengenai atribut produk tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen.Para pemasar perlu memahami apa yang diketahui oleh konsumen,atribut apa saja yang dikenal dari suatu produk dan atribut mana yang dianggap penting oleh konsumen.Atribut produk dibedakan kedalam atribut fisik dan atribut abstrak.Atribur fisik menggambarkan cirri-ciri fisik dari suatu produk,sedangkan atribut abstrak menggambarkan karakteristik/atribut subyektif dari suatu produk berdasarkan persepsi konsumen atas produk tersebut.Dalam hal ini atributi fisik yang terlihat dari Handphone Blackberry.

2.1.2.Pengetahuan manfaat produk

Konsumen sering kali berfikir dalam melakukan penbelian mengenai manfaat yang ia rasa setelah memakai atau membeli suatu produk bukan mengenai atribut produknya.Pengetahuan mengenai manfaat produk penting bagi konsumen karena pengetahuan ini akan mempengaruhi keputusan pembelian.Oleh karena itu para pemasar perlu menyampaikan informasi mengenai manfaat produk bagi konsumen.Manfaat apa yang dapat dinikmati konsumen setelah melakukan pembelian dan menggunakan Handphone Blackberry tersebut.Terdapat dua jenis manfaat produk yaitu manfaat fungsional dan manfaat psikososial.

Manfaat fungsional,yaitu manfaat yang dapat dirasakan konsumen secara fisiologis,contohnya konsumen dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja setelah menggunakan handphone Blackberry.Manfaat Psikososial adalah aspek psikologis meliputi perasaan,emosi,dan mood konsumen,dan aspek social adalah persepsi konsumen terhadap bagimana pandangan orang lain terhadap dirinya.

Jadi,konsumen harus tahu pasti apa itu Blackberry,sejarahnya,apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan HP Blackberry .Sehingga konsumen paham betul manfaat apa yang ia dapatkan setelah menggunakan HP tersebut yang merupakan informasi umum yang penting dan berguna bagi konsumen mengenai handphone blackberry itu sendiri.

3.Apa itu Blackberry?

Blackberry sebenarnya adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.Blackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System pada handphone blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

4.Sejarah Blackberry

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan oleh seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.

Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo. Dia memilih drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Kenapa ya orang-orang sukses rata-rata kuliahnya drop out?

Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server.Blackberry jika tanpa berlangganan servis Blackberry, tentu hanya handphone biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika blackberry telah diaktifkan dengan layanan blackberry operator anda, blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.

5.Kelebihan HP.Blackberry

1.Terletak pada koneksi GPRS nya

2.Kekuatan batterynya lebih tahan lama

3.Data compression technique di Blackberry yang amat hebat.

4. Data Loss Prevention (Bila HP.Blackberry didiamkan tanpa battery data terakhir akan tetap tersimpan

5. Masalah security sehinnga Blackberry aman dari virus

6. Configuration free (fungsi internet browsing, gprs, mms dan sebagainya langsung tersetting secara otomatis

6.Kekurangan HP.Blackberry

-Browser. Tidak seperti iPhone atau Palm Pre, karena BlackBerry tidak menampilkan halaman wb seperti di PC. Pengguna BlackBerry juga justru menghadapi penampilan halaman web versi mobile seperti di tahun 90-an. Pengguna BlackBerry juga mengkomplain mengenai lambatnya browser.

-Touchscreen. RIM memperkenalkan ponsel touchscreen pertamanya di BlackBerry Storm. Namun, kini RIM membuat haptic feedback dengan semua tombol di layar,ketika virtual key tidak bisa membantu. Namun, Storm justru menjadi lebih lambat dibandingkan iPhone atau BlackBerry dengan keyboard fisik.

-App Store. Dengan jumlah jutaan pengguna iPhone, BlackBerry App Store sepertinya sulit untuk menyusul App Store. Hal ini mengingat Apple iPhone App Store memiliki 70,000 aplikasi yang dijual, sedangkan BlackBerry App Store hanya 2,322 aplikasi.

-Wi-Fi. Wi-Fi telah menjadi fitur populer di mobile phone. Namun, untuk BlackBerry Storm dan Tour memang telah memiliki akses 3G, tetapi tidak ada Wi-Fi.

-Software desktop. Walaupun pengguna BlackBerry cukup banyak, namun mereka sering merasa kesulitan untuk mengatur musik dan data dengan software RIM. Software desktop BlackBerry dapat berjalan di PC dan didesain untuk kemudahan transfer file, music dan data. Namun, system software tersebut juga mengalami masalah proses setup.

Penjelasan diatas sangat berguna bagi konsumen untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk HP.Blackberry yang merupakan manfaat fungsional dari produk itu sendiri.Jadi,jelas sekali betapa pentingnya pengetahuan akan manfaat produk sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian bagi konsumen,Setelah informasi dan pengetahuan konsumen dikiranya sudah cukup mengenai produk dan manfaat produk itu sendiri maka boleh lah konsumen melakukan pembelian dengan pertimbangan yang cukup agar tidak menyesal dikemudian hari.

Penulis ingin mencoba memberikan Tips jika ingin membeli HP.blackberry

bila Anda ingin membeli HP.BlackBerry, pilihlah produk asli yang dijual di gerai-gerai resmi. Hindari produk BM (Black Market), dan berhati-hati terhadap tipuan produk refurbish atau barang second yang dipoles ulang agar terlihat baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar